Pencairan BLT BPJS Ketenagakerjaan diBank Swasta Dan rekening BCA & Berbeda,Ini Kata Kemnaker

Kangdroid.com-Tetapi, tahap pertama ini disalurkan kepada pemegang rekening bank himbara, seperti BNI, Bank Mandiri, BRI, serta BTN.

Sebagaimana aturan dalam Permenaker 16 Tahun 2021, yaitu bagi pekerja/buruh yang mempunyai rekening pada Bank Himbara dan Bank Syariah Indonesia pada wilayah Aceh.

“Untuk pencairan kami menerima berdasarkan data yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan yang dilakukan secara bertahap,” kata Awal.
Sebelumnya, Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, menyatakan bahwa calon penerima bantuan yang diproyeksikan akan menerima BSU sejumlah 8,73 juta pekerja/buruh.
Untuk jumlah calon penerima tersebut, pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp 8,8 triliun.

Cara Cek di Bank BRI dan Mandiri Tanpa Harus ke ATM

Mekanisme pencairan BLT BPJS Ketenagakerjaan nantinya akan disalurkan langsung ke rekening bank penerima.

Para penerima yang memiliki mobile banking langsung dapat mengecek melalui Hp atau bisa langsung cek ke ATM dan ke kantor cabang bank penyalur.

Pencairan BLT BPJS Ketenagakerjaan bisa dipantau dengan cara mengecek saldo rekening secara berkala.
Biasanya, masyarakat mengecek saldo tabungan melalui ATM.
Tapi ada cara lain tanpa melalui ATM yakni menggunakan internet banking, mobile banking dan SMS banking.

Berikut caranya.

  1. Bank BRI
    Anda cukup dengan mengirimkan pesan transaksi yang anda inginkan berupa SMS ke 3300 atau dengan menu melalui aplikasi BRI Mobile.
    Aplikasi BRI Mobile bisa didownload di Google Play Store: LINK
    Maka transaksi dapat Anda lakukan dalam genggaman tangan.
    Seperti dilansir dari Tribunsumsel.com dalam artikel ‘3 Cara Cek Saldo Bank BRI Lewat HP Android, Mudah dan Cepat’
    Untuk lebih aman dan jelas, lebih baik mendaftar BRI Mobile dan SMS Banking melalui kantor cabang terdekat.
  2. Bank Mandiri
    Melansir dari bankmandiri.co.id, berikut cara daftar SMS banking bank Mandiri.
    Syarat Pendaftaran Layanan:
  • Memiliki rekening Tabungan, rekening Giro Rupiah dan atau Deposito Rupiah Mandiri serta telah memiliki Sim Card yang dapat mengakses sms banking Bank Mandiri.
  • Untuk pendaftaran di ATM, harus memiliki kartu ATM Mandiri. Untuk pendaftaran di cabang harus menunjukkan bukti identitas diri (KTP,SIM,Paspor,KIMS) dan bukti kepemilikan rekening (Buku Tabungan, kartu ATM Mandiri).
    Cara Memperoleh Layanan:
  • Daftarkan nomor ponsel Anda di ATM Mandiri atau ke cabang Bank Mandiri.
  • Jika mendaftar di ATM Mandiri, masuk ke Menu Pendaftaran eBanking, pilih SMS Banking dan tekan Pendaftaran Mandiri SMS lalu ikuti langkah selanjutnya.
  • Setelah pendaftaran sukses, layanan SMS Banking Anda siap digunakan.
    Untuk mengecek saldo ketik SAL (kode rek sendiri) (4 digit terakhir no rek) kirim ke 3355.
    Mengirim SMS dan menerima SMS balasan dari 3355 akan dikenakan biaya.

Cek BLT BPJS Ketenagakerjaan melalui WA

Twitter resmi lembaga tersebut, @BPJSTKinfo, menjelaskan bahwa laman www.bpjsketenagakerjaan.go.id tak bisa diakses karena sedang dalam tahap pemeliharaan atau maintenance.

“Hai sahabat, mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Saat ini website BPJS Ketenagakerjaan sedang menjalani maintenance dalam rangka peningkatan kapasitas layanan informasi bagi para peserta,” tulis akun Twitter @BPJSTKinfo.

Sebagai alternatifnya, masyarakat yang membutuhkan informasi soal subsidi gaji atau yang lainnya bisa menghubungi nomor hotline yang telah disediakan.

“Untuk informasi seputar layanan, sahabat dapat juga mengakses melalui nomor Whatsapp 081380070175 atau link berikut http://wa.me/6281380070175,” sambung akun tersebut.

Nomor WA BPJS Ketenagakerjaan tersebut bisa diakses bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi dan bila mengalami kendala terkait layanan program BPJamsostek.

Adapun informasi yang dapat diperoleh sebagai berikut: Informasi kepesertaan Informasi klaim Informasi kanal layanan E-form pengaduan Informasi calon penerima bantuan subsidi gaji 2021
Artinya, untuk cek penerima subsidi gaji via WA kini bisa dilakukan melalui nomor WA BPJS Ketenagakerjaan yang sudah disediakan.
“Sahabat, BPJAMSOSTEK berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan terbaik agar manfaat bisa diterima dengan baik oleh peserta,” tegas BPJS Kenetagakerjaan.

“Untuk itu, Sahabat bisa WhatsApp melalui nomor 081380070175 untuk mendapatkan informasi dan bila mengalami kendala terkait layanan program BPJAMSOSTEK,” sambung akun tersebut.
Terdapat sejumlah tahapan pencairan subsidi gaji 2021. Tahap pertama adalah verifikasi kesesuaian data dengan kriteria Permenaker RI Nomor 16 Tahun 2021 yang dilakukan oleh BP Jamsostek atau BPJS Ketenagakerjaan.
Verifikasi kesesuaian data tersebut meliputi:

  • WNI
  • Kategori Peserta Penerima Upah
  • Status aktif posisi 30 Juni 2021
  • Upah paling banyak Rp3,5 Juta (jika UMP/ UMK > Rp3,5 jt, menggunakan UMP/ UMK)
  • Bekerja di wilayah PPKM Level 3 dan 4 (sesuai Inmendagri No 22/2021 dan no 23/2021); dan
  • Sektor Usaha
    Tahap selanjutnya adalah validasi administrasi dan pembayaran BSU yang dilakukan oleh Kemenaker. Tahapan ini meliputi validasi:
  • Data penerima Kartu Prakerja atau Program Keluarga Harapan dan Program Bantuan Produktif Usaha Mikro
  • Kelengkapan, kesesuaian format, dan duplikasi data
    Tahap terakhir adalah yang paling ditunggu-tunggu, yakni pencairan BLT subsidi gaji 2021 kepada para pekerja. Pencairan bantuan subsidi gaji 2021 dilakukan melalui bank Himbara, yakni Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI, dan Bank BTN.
    Sebagai informasi tambahan, untuk tenaga kerja yang berada di Provinsi Aceh akan diproses melalui BSI atau Bank Syariah Indonesia.

Sumber:Surya.co.id

Check Also

Benyamin Ahmed, Bocah 12 Tahun yang Hasilkan Rp5,7 Miliar dalam 2 Bulan

Kangdroid.com-Pembuat kode berusia 12 tahun bernama Benyamin Ahmed dari London menghasilkan 400.000 dolar AS atau Rp5,7 miliar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *