Solusi Perawatan Kulit yang Bisa Dilakukan Saat Pandemi agar tidak Stres

 

Tidak dapat dipungkiri jika wabah COVID-19 yang sudah berjalan sepanjang satu tahun lebih ini, punya pengaruh pada beberapa hal, termaksud mengakibatkan depresi yang tidak berakhir. Depresi mempunyai resiko serius pada kesehatan, seperti tingkatkan resiko terserang stres, berpengaruh negatif pada mekanisme kekebalan, dan mempengaruhi kondisi kulit.

Stres dapat mempengaruhi keadaan kulit lewat beberapa cara. Satu diantaranya, hormon yang dilepaskan saat stres dapat mengakibatkan transisi fisiologis yang berpengaruh negatif pada kulit.

  • Jerawat

Saat stres, badan menghasilkan semakin banyak hormon kortisol, yang mengakibatkan sisi otak yang dikenal sebagai hipotalamus menghasilkan hormon yang disebut CRH. CRH dapat merangsang pelepasan minyak dari kelenjar sebaceous disekitaran folikel rambut dan produksi minyak yang terlalu berlebih oleh kelenjar ini dapat menutup pori-pori, dan mengakibatkan jerawat.

  • Kantung mata

Kantung mata lebih biasa terjadi bersamaan bertambahnya umur karena otot-otot pendukung disekitaran mata sudah menurun. Kulit lembek yang disebabkan karena lenyapnya fleksibilitas ini bisa juga mengakibatkan timbulnya kantung mata.

  • Kulit Kering

Stratum korneum ialah susunan luar kulit yang memiliki kandungan protein dan lipid yang memainkan peranan penting dalam melindungi beberapa sel kulit masih tetap terhidrasi. Saat stratum korneum tidak berperan seperti mestinya, kulit menjadi kering dan gatal.

  • Kerutan

Stres mengakibatkan perubahan pada protein di kulit dan mengurangi elastisitasnya. Lenyapnya fleksibilitas ini dapat berperan pada pembangunan kerutan.

 

Solusi perawatan kulit yang dapat dilakukan

Tetapi, kamu tak perlu cemas, beberapa pemicu stres dapat dicegah. Berikut ialah beberapa solusi perawatan kulit yang terdampak stres sepanjang pandemi.

  1. Olahraga
    Kegiatan fisik dapat menolong kurangi stres. Olahraga efektif untuk kurangi kelelahan, meningkatkan kewaspadaan, dan meningkatkan situasi hati, yang pada akhirannya akan mempengaruhi keadaan kulit.
  2. Melatih kesadaran
    Meditasi dapat menurunkan tingkat stres. Meditasi kesadaran dapat menolong meringankan penekanan psikis, seperti kekhawatiran, depresi, dan rasa sakit.
  3. Menerapkan pola hidup sehat
    Pola hidup sehat dapat terdiri dari beberapa hal, seperti tidur yang cukup dan berkualitas, konsumsi makanan yang memiliki nutrisi, dan stabil dalam mengerjakannya.

Nah itulah Solusi Perawatan Kulit yang Bisa Dilakukan Saat Pandemi agar tidak Stres, Bisa kamu lakukan saat pandemi sekarang yang tidak kunjung selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *